Masih Proses, Sa'bara' komi...
Sponsored By : Kecamatan Makale.

Jumat, 31 Desember 2010

Pesta Kembang Api di Tana Toraja Terbesar Se-Asia

TANA TORAJA(SINDO) – Perayaan malam tahun baru 2011 di Sulawesi Selatan (Sulsel) akan dipusatkan di Kabupaten Tana Toraja dan Toraja Utara dalam rangkaian kegiatan bertajuk “Lovely December”.
Menurut Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo, pada malam tahun baru nanti Tana Toraja bakal dimeriahkan pesta kembang api kolosal dan spektakuler. Dia mengklaim pesta kembang api ini merupakan yang terbesar di kawasan Asia. “Kami sengaja mengemas perayaan tahun baru digabungkan dengan perayaan Natal.Kami telah menyiapkan anggaran ratusan juta rupiah untuk semarak pesta kembang api terbesar,”kata Syahrul di Kota Makale,Tana Toraja,kemarin. Acara “Lovely December” merupakan yang ketiga kalinya digelar di Tana Toraja dan salah satu agenda pariwisata terbesar di Sulsel.

Syahrul berharap pelaksanaan tahun ini lebih berhasil dibandingkan tahun-tahun sebelumnya sehingga “Lovely December” akan menjadikan Toraja sebagai pusat aktivitas pariwisata di kawasan timur Indonesia. “Budaya, kesenian, dan adat istiadat Toraja merupakan kekayaan berharga untuk pengembangan pariwisata.Wisatawan dari berbagai penjuru dunia akan datang ke Toraja untuk menikmati suguhan yang lain dari pada yang lain,”ujar Syahrul. Sementara itu,puncak rangkaian kegiatan “Lovely December” untuk tingkat Sulsel telah digelar kemarin di Kecamatan Makale yang menjadi ibu kota Kabupaten Tana Toraja.

Beragam budaya dan kesenian khas masyarakat Toraja dikemas dalam parade budaya yang diikuti perwakilan dari 19 kecamatan di Tana Toraja. Ribuan wisatawan ikut memadati bundaran kolam Makale untuk menyaksikan parade tersebut. Acara diawali dengan tari ma’papangan yang dipentaskan 220 gadis cantik secara kolosal.Para penari membawa tas kecil berisi daun sirih, buah pinang, kapur sirih, dan rokok. Ma’papangan adalah simbol sebuah penghormatan kepada tamu yang datang. Selanjutnya adalah pementasan alat musik bambu oleh ratusan siswa se- Tana Toraja.

Di sela parade budaya dan kesenian dari seluruh kecamatan,muncul iring-iringan warga mengenakan baju berwarna putih.Bagi masyarakat Toraja,warna putih merupakan simbol kebangsawanan dan kesucian. Acara kemarin juga dimeriahkan pameran aneka kekayaan kuliner khas dan tradisional Toraja. Masakan khas Toraja yang dipamerkan di antaranya jus tamarillo atau jus terong belanda. Jus ini diyakini berkhasiat menyegarkan dan membugarkan tubuh.

Artikel Terkait



3 komentar:

  1. setahu saya yg masuk rekor muri pesta kembang api adalah dari manado, kenapa dari toraja gak masuk rekor muri klu memang terbesar se asia...
    kita sebagai org toraja jgn mau di iming2 dg pesta pesta yg hanya dinikmati hanya sehari atau sejam yg kita butuhkan adalah pembangunan sarana dan prasarana saeperti jalan raya dan sebagainya.

    BalasHapus
  2. ah....g seruh cmnx 15 menit doank !!
    lebih ramai klo malam taon baru di losari drpd ini......

    BalasHapus
  3. Berita bohong Singapore mau di kemanain,,, belum lagi Dubai yg belum terpecahkan rekornya.... searching aja di youtube... 1 berbanding 1000. Gak ada apa apanya klo dibilang terbesar di asia... mau aja dibodohin...

    BalasHapus